×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 42

Mengatasi Emosi Pancaroba

Assalamu’alaikum wr. wb. 
Saya Eci, saya ingin bertanya kepada ibu, bagaimana caranya mengatasi seseorang yang umurnya sudah mencapai 17 tahun keatas tetapi masih memiliki emosional yang sangat tinggi dan sangat tidak bisa dikontrol?

 

Apakah itu memang sifat yang wajar untuk seusia itu atau kah memang seseorang itu mempunyai emosional yang tinggi dan harus diubah? Terimakasih 

Wassalamualaikum wr. wb.
Siti This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

JAWAB:
Tidak ada yang tidak bisa diubah. Adik sendiri yang bisa mengubah, berkat izin Allah Swt, karena Dialah yang bisa merubah hakikatnya. Anak remaja, apalagi di usia 17 tahun, adalah usia pancaroba, usia pencarian jati diri. Carilah lingkungan yang sehat dan baik, karena lingkungan itu sangat cepat membentuk kepribadian seseorang.

Jangan lupa mendoakan kedua orang tuamu, ya. Jangan pernah membentak atau menyakiti, walaupun kamu sangat kurang sreg dengan keputusannya. Kalau berangkat sekolah atau pulang sekolah, bersalimlah, dan mohon didoakan. Masuk rumah ucapkan salam. Belajar rapi dan bersih, belajar menata diri dari hal-hal yang ada di depan mata anda. Jangan menunggu ditegur orang tua. Karena usia anda sudah dewasa. Belajarlah mengatur diri sendiri, karena masa depanmu anda sendiri yang menentukan.

Nah, kalau adik jadi emosi, ingatlah bagaimana perangai binatang….. Kalau adik sedang marah, lihatlah bagaimana api berkobar. Kalau adik jadi acuh tak acuih lihatlah orang di kuburan, sendiri tidak ada kawan kecuali amal baiknya.  Adik harus optimis dan rajin ibadah, mumpung masih muda.

Read 1030 times