Ingin Orang Tua Bahagia

Assalamu’alaikum wr. wb. 
Ayah saya meninggal 21 tahun yang lalu sejak saya usia 4 tahun. Dan saya baru kehilangan ibu beberapa bulan yang lalu. Hati ini masih terasa sangat berat karena saya belum bisa membahagiakannya. Saya masih selalu menangisinya padahal katanya itu membuat berat

untuk ibu saya di alam sana. Dan katanya seorang muslim itu tidak boleh bersedih lebih dari 3 hari, benarkah dan kenapa begitu? 

Amalan apa yang bisa membuat orang tua saya bahagia di alam sana? Apa yang harus saya lakukan agar saya bisa ikhlas menerima apa yang telah Allah takdirkan untuk saya? Terima kasih. Mohon maaf kepanjangan. 

Wassalamualaikum wr. wb. 
Fikri - This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

JAWAB: 
Saya yakin Dik Fikri ini amatlah dekat dengan ibundanya. Kesedihan atas terpisahnya dengan orang yang kita cintai itu memang manusiawi. Namun, anda juga harus berfikir lebih tegar, karena ibundamu akan lebih bahagia jika anak-anaknya bahagia, sholeh dan sholihah, menjadi orang yang berguna dunia akhirat. 

Tak ada yang lebih membahagiakan pada kedua orang tuamu kecuali jika anak-anak dan cucunya menjadi generasi yang menyejukkan mata jiwanya. 

Jika anda teringat kepada kedua orag tua, langsung saja kirim doa, baca Robbighfirli…dst. Ditambah surat Al-Fatihah. Insya Allah anda damai dan kedua orang tua anda bahagia. Dan lakukan itu setiap habis sholat ya… 

Kalau kamu ingin membalas budi kedua orang tuamu, ibarat kamu gendhong keliling dunia pun, tidak akan impas. Caramu membalas adalah kamu mendoakan, dan mendidik anak-anakmu nanti menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihah. Kebahagiaan bagi kedua orang tuamu bukanlah kebahagiaan duniawi. Dia sudah di alam kubur, dan kebahagiaannya berbeda sama sekali. 

Jadilah anak-anak yang manis bagi agama, nusa dan bangsa. Itu adalah pewujudan dan pebuktianmu pada kedua orang tua. Semoga anda tabah dan ridho. 

Read 802 times