Soal Jodoh, Saya Stress

Assalamu’alaikum wr. wb. 
Saya mau tanya, soal pribadi saya yang sedang bingung menghadapi orang tua. Saya seorang mahasiswi hampir tamat kuliah. Selama ini dekat dengan seorang kakak kelas, yang

baru saja selesai kuliah. Kami berpacaran. Tetapi ketika kami perkenalkan pada kedua orang tua, tampaknya orang tua tidak menyetujui, alasannya saya ingin dikenalkan dengan anak sahabat orang tua yang sudah mapan, dan berkarir.

Saya agar hendak diminta istikhoroh, takut-takut kalau ternyata hubungan saya dengan pacar saya ini bermasa depan buruk. Sementara saya juga tidak tahu dan belum tentu cinta dengan calon dari orang tua.
Bagaimana saya harus bersikap, dan bagaimana pula jika yang saya bayangkan benar-benar terjadi. Atau seandainya pilihan saya ternyata baik menurut Allah Swt, sementara orang tua tidak menyetujui?
Mohon diberi arahan agar hati saya tenang, Bu.

Wassalamualaikum wr. wb.
Iis Isnawati-Garut — Jawa Barat

JAWAB:
Adik ini galau ya…Ingat masa depanmu itu masih panjang. Tataplah masa depan dengan senyuman dan positip. Cinta memang kadang membuat kita buta, kadang malah mendorong semangat, kadang membuat kita jadi putus asa. Karena itu jangan takut sholat istikhoroh, karena kita semua ini tidak tahu masa depan kita, tanpa hidayahNya, kita nanti malah kesandung-sandung dan sangat menyakitkan hati.

Coba adik renungkan dalam-dalam. Tidak semua yang pernah kita senangi itu baik, tetapi juga tidak semua yang tidak kita sukai itu buruk. Seperti anak-anak dulu ketika disuruh mencoba mencicipi makanan, belum dirasakan sudah menolak, disuruh makan buah juga sulit, dengan alasan tidak suka.

Syukur-syukur kalau pilihan yang kita sukai itu bagus menurut Allah Swt, anda harus lebih bersyukur lagi. Namun jika ortu tetap tidak setuju, coba ajak bicara baik-baik, dari hati ke hati, dengan wawasan luas, karena anda berdua yang akan menjalani masa depan itu. Tapi jangan emosional ketika bicara dengan kedua orang tua, harus tetap lemah lembut. Anda takut menangis ya, kalau bicara? Hehe…

Namun jika pilihan kedua ortu anda istikhoroh memang baik, semua tergantung anda juga. Hanya saja seandainya berjodoh Insya Allah baik, tetapi kalau tidak berjodoh semoga anda diberi yang lebih baik dari semua pilihan itu. Tetap optimis dan senyum, ya. 

 

Read 929 times