Kenapa Saya Sulit Bergaul?

Assalamu’alaikum wr. wb. 
Pak Ustad saya ingin berkonsultasi, saya adalah orang yang tidak bisa bersosialisasi saya sering berdo’a kepada Allah agar supaya diberi kemampuan supaya diberi kemampuan berinteraksi dengan sesama. 

 

Tapi selama ini saya tidak bisa, setiap kali bersosialisasi aku merasa hilang, kaku, dan sikap saya’ dingin dan cuek’ kata orang-orang. Bagaimana agar saya dapat bersosialisasi seperti orang-orang pada umumnya, ustad? Terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.
0823223xxxxx

JAWAB:
Sikap minder, dan sejumlah bayangan yang anda cerapkan dalam fikiran anda, membuat anda membatasi diri sendiri. Nah, nanti anda jadi mudah tersinggung, jadi mudah reaktif, dan lama-lama anda negative thinking pada orang lain. Anda jadi mudah spontan, emosional dan bisa merugikan diri sendiri.

Anda harus berani membongkar hal-hal yang menghalangi anda selama itu, dengan cara membangun jiwa besar dari dalam diri anda sendiri:

Cobalah untuk terus menerus berbaik sangka kepada Allah Swt (husnudzdzon) atas situasi apa pun. Nantinya, Anda akan memandang kehidupan sosial anda lebih membahagiakan diri anda.

Segala daya dan upaya itu semata karena daya dan kekuatan Allah Swt, bukan dari dirimu.

Lihatlah ke depan dengan senyum matahati yang luas dan lebar.

Masa depan itu milik anda, karena itu raihlah masa depan yang mulia. Karena kemuliaan itu jika tidak anda raih, akan dirampas oleh syetan, diganti dengan was-was, pikiran negatif, dan bisikan-bisikan yang memabukkan.

Jangan melihat keburukan orang, lihatlah kebaikannya. Karena melihat kebaikan  dan kelebihan orang itulah dasar anda memulai pergaulan sosial anda.

 

Read 1707 times