Mengapa Tetap Galau Ketika Sholat

Assalamu’alaikum wr. wb. 
Saya mau bertanya, hati saya nggak pernah tenang. Setiap sholat saya merasa hati saya gak pernah tenang.

 

Saya pernah dengar, sholat itu adalah jalan untuk mendekatkan hambaNya kepada Sang Pencipta (Allah). Tapi saya belum bisa merasa dekat kepada Allah ketika saya sholat. Apa ada yang salah dengan saya? Mohon saran. Jujur saya hamba yang penuh dengan dosa. Saya ingin berubah. Terima kasih. 

Wassalamualaikum wr. wb.
Muhammad-0838047xxxxx

JAWAB:
Niat sholat itu bukan untuk mencari ketenangan. Sholat itu menyembah Allah agar kita ingat kepadaNya dan menghadap kepadaNya, sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw.

Kalau anda sholat, lalu anda bersikeras agar tenang, tenteram, anda malah tidak bisa tenang dan tentram. Karena keinginan hasrat anda ingin tenang itu adalah hawa nafsu. Allah Swt tidak mau menerima hambaNya ketika sholat diliputi oleh hawa nafsu, termasuk nafsu tentram tadi.

Yang merubah hatimu tetap Allah Swt. Yang menjadi hak anda adalah menyiapkan diri untuk dirubah oleh Allah Swt. Berdoalah dan tetap husnudzdzon kepada Allah Swt. Lupakan masa lalu yang buruk dan masa lalu yang baik. Lihatlah saat ini dan ke depan. Fadhal dan Rahmat Allah Swt terbuka untukmu. 

 

 

Read 3279 times